cara install homebrew di mac os dan linux

Sebenarnya ada beberapa cara untuk melakukan instalasi Node.js. Akan tetapi, saya lebih tertarik menggunakan Homebrew dan nvm (Node Version Manager). Homebrew adalah sebuah package manager di lingkungan sistem operasi macOS dan Linux yang bekerja tanpa melibatkan library apapun dari sistem operasi. Bagi Anda pengguna Linux (apapun distro-nya), instalasi package dapat dilakukan dengan perintah yang sama brew install nama_package, sederhana bukan? Dan yang terpenting, kita tidak perlu direpotkan lagi dengan masalah file dependencies.

Lalu bagaimana dengan nvm atau Node Version Manager? Dengan menggunakan nvm di local development, kita bisa memiliki / mengelola beberapa versi instalasi Node.js berbeda. Hal ini berarti, kita dapat berpindah ke versi Node.js berapa pun, kapan saja dibutuhkan, sangat mudah dan praktis. Menjadi kian praktis karena untuk meng-install nvm di macOS atau Linux (distro apa saja), kita hanya perlu mengetikkan perintah brew install nvm.

Catatan : perintah brew install tidak dapat dilakukan oleh user root.

Instalasi Homebrew di macOS

Sebelumnya, pastikan Anda telah memiliki Xcode dari App Store ter-install di macOS, beserta Xcode Command Line Tools nya yang di-install dengan perintah xcode-select --install melalui terminal.

xcode

Setelah Xcode ter-install, copy paste baris perintah di bawah dan jalankan di terminal :

/usr/bin/ruby -e "$(curl -fsSL https://raw.githubusercontent.com/Homebrew/install/master/install)"

Instalasi Homebrew di Linux

Berbeda dari instalasi di macOS, meng-install Homebrew di Linux membutuhkan tahapan yang “agak” panjang. Untuk keperluan contoh ini, saya menggunakan Linux Ubuntu Server 18.04.3 dan VPS (Virtual Private Server) dari DigitalOcean. Pertimbangan saya menjadikan Ubuntu sebagai pilihan utama karena tutorial administrasi server untuk distro ini melimpah dan berserakan di internet. Sedangkan alasan penggunaan VPS (belum dibutuhkan di local development) lebih dikarenakan saya tidak memiliki komputer / laptop lain untuk di-install Linux.

Langkah 1 (dari user root) – Install Package build-essential

Package build-essential package berisi compiler dan berbagai library GCC/g++ yang dibutuhkan oleh Homebrew. Requirement lainnya dapat dibaca di https://docs.brew.sh/Homebrew-on-Linux. Ketik perintah apt install build-essential, pilih Y / Yes.

cara install homebrew di mac os dan linux

Langkah 2 (dari user root) – Buat User Baru Bernama linuxbrew

Hal ini diperlukan karena nantinya skrip instalasi akan meng-install Homebrew ke direktori /home/linuxbrew/.linuxbrew. Ketik perintah adduser linuxbrew.

cara install homebrew di mac os dan linux

Langkah 3 (sebagai user linuxbrew) – Install Skrip Homebrew

Instalasi skrip Homebrew dapat dilakukan dari root, tapi di sini saya memilih untuk meng-install nya dengan login sebagai user linuxbrew. Ketik baris perintah berikut :

sh -c "$(curl -fsSL https://raw.githubusercontent.com/Linuxbrew/install/master/install.sh)"

Masukkan password user linuxbrew agar skrip di atas dapat dijalankan :

cara install homebrew di mac os dan linux

setelah skrip berhasil di-install, seharusnya muncul peringatan Warning: /home/linuxbrew/.linuxbrew/bin is not in your PATH di akhir baris

cara install homebrew di mac os dan linux

Langkah 4 (sebagai user linuxbrew) – Tambahkan Homebrew ke PATH dan Bash Shell

Ketik dua perintah berikut secara bergantian :

test -d /home/linuxbrew/.linuxbrew && eval $(/home/linuxbrew/.linuxbrew/bin/brew shellenv)

test -d /home/linuxbrew/.linuxbrew && eval $(/home/linuxbrew/.linuxbrew/bin/brew shellenv)

Setelah PATH ditambahkan, ketik perintah echo $PATH dan brew untuk memastikan bahwa Homebrew telah ter-install dengan benar. Agar lebih jelas, urutannya dapat dilihat pada gambar berikut :

cara install homebrew di mac os dan linux

Instalasi Node.js dengan nvm (Node Version Manager)

Langkah 1 (sebagai user linuxbrew) – Install Package nvm

Ketik perintah brew install nvm. Perintah ini seragam untuk macOS dan semua distro Linux, praktis kan?

cara install node js menggunakan homebrew nvm

Langkah 2 (sebagai user linuxbrew) – Buat Direktori nvm

Ketik perintah mkdir .nvm di path /home/linuxbrew.

Langkah 3 (sebagai user linuxbrew) – Tambahkan PATH nvm ke Bash Shell

Edit file ~/.profile, sisipkan perintah export NVM_DIR=~/.nvm dan source $(brew --prefix nvm)/nvm.sh ke baris paling akhir :

cara install node js menggunakan homebrew nvm

kemudian cek apakah PATH nvm sudah terbaca, ketik perintah echo $NVM_DIR, jika tidak ada masalah, seharusnya tertampil /home/linuxbrew/.nvm.

cara install node js menggunakan homebrew nvm

Langkah 4 (sebagai user linuxbrew) – Install Node.js

Sebelum meng-install Node.js, Anda dapat terlebih dahulu mengecek daftar versi Node.js apa saja yang tersedia dengan perintah nvm ls-remote. Pada contoh ini, saya memilih Node.js versi 12.4.0 (LTS: Erbium).

cara install node js menggunakan homebrew nvm

Di akhir instalasi dapat dilihat bahwa versi Node yang ter-install v12.4.0 sedangkan npm-nya adalah v6.9.0 (catatan: npm akan otomatis ter-install sepaket dengan Node.js).